PLTG Senipah Jalani Pemeliharaan oleh Penyuplai Gas

logo plnBalikpapan (idcfm.net)— Sehubungan dengan adanya pemeliharaan berkala pipa gas yang menyuplai PLTG Senipah, maka pembangkit ini tidak dapat beroperasi. Pihak penyuplai gas akan melakukan pemeliharaan berkala pada pembangkit ini mulai Sabtu, 26 Agustus 2016 pukul 06.00 Wita. Adapun estimasi lamanya proses pemeliharaan adalah  sekitar 32 jam hingga selesai pengerjaan. Diharapkan pada Minggu, 27 Agustus 2016 sore hari, PLTG ini sudah beroperasi normal kembali.

“Saat ini, beban puncak pada Sistem Mahakam berkisar 400 MW dengan daya mampu 440 MW. Dengan tidak beroperasinya PLTG Senipah, maka Sistem Mahakam akan kehilangan pasokan daya sebesar 82 MW,” ungkap GM PT PLN Wilayah Kaltimra, Tohari.

Tohari mengatakan, untuk mengantisipasi kekurangan daya ini, PLN telah melakukan beberapa upaya untuk meminimalisir terjadinya pemadaman aliran listrik bagi pelanggan. Seperti yang diungkapkan oleh GM PLN Wilayah Kaltimra Tohari Hadiat, PLTG Peaking dan PLTU Teluk Balikpapan Unit 2 akan dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan daya bagi Sistem Mahakam.

“Saat ini langkah-langkah pemulihan akan segera ditempuh untuk perbaikan PLTG Senipah. Disisi lain, kami telah melakukan antisipasi dengan mengoperasikan PLTG Peaking berbahan bakar BBM diluar waktu beroperasinya”, ujarnya lagi.

Sementara itu, Humas PT PLN Wilayah Kaltimra Rakhmi Prima Devy, menambahkan, PLTG Peaking akan memasok daya untuk Sistem Mahakam sebesar 60 MW. Sementara itu, PLTU Balikpapan Unit 2 yang saat ini sedang sinkron ke Sistem Mahakam, sedang diupayakan agar mampu memasok daya 32 MW hingga perbaikan pada PLTG Senipah selesai dilakukan.

“Selain itu, upaya terakhir yang akan dilakukan adalah menghimbau pelanggan bisnis dan industry untuk menggunakan genset sendiri secara bergantian pada waktu beban puncak,” tutur Devy.

Namun demikian, kekurangan daya pada Sistem Mahakam masih berpotensi terjadi, dimana akan berdampak pula pada potensi pemadaman aliran listrik bagi pelanggan. Untuk potensi terjadinya pemadaman, jadwal pemeliharaan dapat diakses melalui website www.pln.co.id/kaltim dan twitter @kaltim123.

“Atas pemadaman yang dirasakan pelanggan, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Upaya antisipasi akan kami lakukan dengan maksimal agar potensi padam pada pelanggan dapat diminimalisir,” pungkas Devy. (Hms PLN/ Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini