Petugas Jembatan Timbang di OTT Pungli

jembatan-timbang-ditutup-saja

Ist.

 

Balikpapan (idcfm.net)—Dua orang petugas Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Saber Pungli Balikpapan. Keduanya tertangkap basah tengah bertransaksi  terhadap truk yang melintasi Pos Jembatan Timbang, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Jalan Soekarno Hatta atau jalan poros Samarinda- Balikpapan.

“Pagi jam dua OTT ditimbangan. Ini penindakan pertama yang ada di wilayah Balikpapan. Kebetulan bukan petugas dishub kota tapi provinsi. Sesuai ketentuan yang ada polres akan proses dan tindaklanjuti temuan ini,” kata Ketua Saber Pungli Balikpapan Kompol Yolanda E. Sebayang.

Yolanda menjelaskan, Tim Opsnal Satrekrim Polres Balikpapan melakukan OTT pada Rabu (11/01) dini hari dan mengamankan dua petugas masing-masing berinisial ES (48) dan AL (38). Dalam OTT ini pihaknya mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp. 558.000 dan rekap kendaraan yg melewati jembatan timbang.

Jauh-jauh hari, tim saber pungli memang memantau aktivitas di jembatan timbang tersebut. Petugas ini terpantau menerima uang dari pengemudi truk dan disisi lain, truk yang lalu lalang dibiarkan melintas begitu saja, tanpa ditimbang terlebih dahulu.

“Seharusnya kendaraan lewat diperiksa, apakah melebihi muatan atau apa. Ternyata kami pantau tidak dilakukan oleh truk ini.  Langsung berikan uang kepetugasnya dua puluh ribu, langsung dilepas. Saat ditangkap kemaren dikasi 50 ribu angsul 30 ribu. Berarti sudah ada kesepakatan dan dilakukan berulang-ulang,” bebernya.

Tertangkapnya dua oknum petugas Dishub Provinsi yang melakukan pungli, diharapkan menjadi pelajaran dan peringatan bagi pihak terkait. Wanita yang menjabat Wakil Kepala Kepolisian Resor Balikpapan  ini juga ingatkan berapapun besaran nominal yang dibayarkan, tetap saja masuk kategori pungli dan pelakunya akan diproses secara hukum.

“Kita tekankan dari awal yang dihilangkan bentuk punglinya. Jangan sampai ada pungli. Bukan nominalnya yang diliat. Dengan tidakan ini bisa jadi warning buat yg lain jangan sampai lakukan hal yang sama,” pesan Yolanda.

Para tersangka dan barang bukti yang diamankan di  Polres Balikpapan untuk proses hukum lebih lanjut.

Keduanya melanggar Pasal 12 huruf e UU RI no 20 thn 2001 ttg perubahan atas UU RI NO 31 thn 1999 tentang pemberantasan tipikor. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini