Petani Dihimbau Mulai Susun Jadwal Tanam

Balikpapan (idcfm.net)—Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan, Yosmianto, instruksikan petani mulai menyusun jadwal tanam. Seruan ini melihat Balikpapan yang mulai turun hujan sejak 2 pekan terakhir ini dan semakin menipisnya kabut asap yang membawa Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) masuk kategori sedang.

Yosmianto mengatakan, pada akhir November petani sudah mulai melakukan kegiatan tanam. Khususnya untuk padi sawah, diminta mulai melakukan pembibitan pada pekan depan. Karena proses pembibitan memakan waktu sekitar 25 hari.

“Padi sawah perlu 25 hari pembibitan. Minggu depan saya akan meminta mereka membibit. Diharapkan akhir November musim hujan sudah bisa ditanam,” terang Yosmianto pada Selasa (03/11).

Selain padi sawah, ia juga meminta petani persiapkan bibit tanaman palawija dan jagung manis. Jadwal tanam diminta dilakukan secara serentak agar jadwal panen juga bersamaan.

Diakui Yosmianto akibat kemarau panjang petani mengalami gagal panen. Disisi lain peternak ikan air tawar pun juga merugi karena bak penampungan kekurangan air dan berakibat matinya ikan. Namun menurut Yosmianto, pihaknya telah melakukan antisipasi jangka pendek, dengan mengaktifkan sumur dangkal. Sehingga pada bulan ini peternak ikan sudah bisa kembali menyebar benih ikan.

“Benih ikan juga kemaren sempat kosong. Tapi saya sudah aktifkan sumur dangkal sekarang bak sudah terisi bisa membenih lagi,” tambahnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini