Pertamina RU V Balikpapan Gencarkan CSR Pojok laktasi

POJOK LAKTASI 1

Pojok Laktasi (Ruang Menyusui) di Pasar Pandan Sari Balikpapan Barat ini, disandingkan dengan Pojok Anak Ceria alias tempat bermain anak. (dok.Imay)

 

Balikpapan—PT Pertamina RU V Balikpapan mempersilakan lembaga dan instansi swasta yang membutuhkan ruang Pojok Laktasi untuk mengajukan permohonan. Hal ini sebagai bentuk dukungan PT Pertamina RU V Balikpapan terhadap Program Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif hingga bayi berumur 6 bulan hingga 2 tahun. Yang mana Pojok Laktasi sendiri adalah ruang khusus ibu menyusui, yang didalamnya terdapat fasilitas penyejuk ruangan,kursi, air dispenser dan kulkas untuk menyimpan ASI Perahan.

ABDUL MALIK PERTAMINA RU V

Officer CSR Pertamina RU V Balikpapan, Abdul Malik. (dok.Imay)

Officer CSR Pertamina RU V Balikpapan Abdul Malik menuturkan pihaknya siap membiayai pengadaan Pojok Laktasi tersebut. Dengan catatan pihaknya akan melakukan kajian seperti biodata pemohon, efektivitas Pojok Laktasi di kawasan tersebut serta situasi ruang yang akan dijadikan Pojok Laktasi.

“Tempat dan sarana kita yang biayai.Pojok Laktasi ini prinsipnya kalau masyarakat silakan datang nanti kita beri fasilitas,” ujar Abdul Malik kepada IDCFM, Jumat (4/7).

Malik menjelaskan, pihaknya saat ini tengah menjajaki Pasar Tradisional untuk program Pojok Laktasi. Ia beralasan pada prinsipnya di pasar terdapat ibu yang berbelanja dan ibu yang juga berjualan dan meninggalkan anak di rumah atau membawa anak tersebut namun ditengah perjalan si bayi kehausan dan meminta ASI.

Abdul Malik mengatakan, saat ini baru satu pasar yang telah ada Pojok Laktasi, yakni Pasar Pandan Sari yang baru-baru ini telah direnovasi. Sementara di kawasan pusat kesehatan diantaranya klinik onsite pertamina dan Puskesmas Karang Joang.

“Kalau di pasar kita sudah jajaki klandasan dan sepinggan. Namun ternyata disana belum ada tempat yang layak untuk dijadikan Pojok Laktasi. Tapi kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pasar,” terangnya lagi.

Abdul Malik menambahkan, untuk membuat satu Pojok laktasi beserta fasilitas didalamnya, dibutuhkan biaya sekisar Rp.30 Juta. Selain Pojok Laktasi, Pertamina RU V Balikpapan juga proogramkan kegiatan social berupa pengadaan fasilitas bermain anak di tempat umum dengan nama “Pojok Anak Ceria”. (*)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini