Pengusaha Kuliner Didorong Urus Sertifikat Halal

Balikpapan (idcfm.net)—Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Balikpapan mendorong pelaku usaha kuliner untuk mengurus sertifikasi halal. Sekretaris Umum MUI Kota Balikpapan Drs H M Jailani MSi, mengatakan tahun ini ia melakukan sosialisasi kepada 30 pengusaha kuliner di Balikpapan dan menurutnya hampir keseluruhan bersedia untuk mengurus sertifikasi tersebut.

?????????????

Sekretaris Umum MUI Kota Balikpapan Drs H M Jailani MSi. (Imay/ IDC FM)

Dijelaskan, untuk memastikan kehalalannya harus melalui proses kajian oleh LP POM MUI dan mengisi Formulir Sistem Jaminan Halal (SJH). Selanjutnya tim survey dari LP POM MUI turun melakukan pengecekan. Yang mana hasil pengecekan dirapatkan bersama komisi fatwa dan selanjutnya diterbitkan lah sertifikat halal tersebut. Ia tekankan pihaknya juga tidak akan mempersulit proses perizinan tersebut.

“Biayanya paling tinggi 1,4 juta rupiah saja dengan masa berlaku 2 tahun. Kalau memperpanjang tidak sampai segitu. Intinya kan untuk memberi jaminan pada masyarakat. disamping wajib daftarkan kehalalan, ga turun juga omzetnya. Tambah laris malah,” kata Jailani.

Ia juga mengingatkan pelaku usaha kuliner, sertifikat halal yang dimiliki adalah amanat yang harus dijaga. Karena merupakan jaminan produk itu sendiri. Pernyataan ini dilontarkannya atas temuan Tim gabungan Operasional Razia Daging Ilegal atas bumbu masakan non halal pada Restoran Solaria di Balikpapan pada Senin (23/11).

“Dengan adanya temuan oleh instansi terkait produk makanan di lokasi Solaria ini harus jadi perhatian. Khususnya masyarakat islam dan juga pemerintah. Karena proses perizinannya untuk mendirikan restoran ini ada di pemerintah,” ujarnya lagi.

Ditambahkan Jailani tahun 2016 nanti pihaknya akan kembali melakukan sosialisasi tentang sertifikasi halal. Disebutkan terdapat 3 cara, yakni melalui MUI Kota Balikpapan, LP POM di Provinsi kaltim dan inisiatif pengusaha. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini