Kominfo Sosialisasikan INCAKAP kepada Akademik Balikpapan

Eka Citra Devi

Sambutan Sekretaris Komisi IV DPRD Balikpapan, Eka Citra Devi.

Balikpapan--Yayasan Jendela Dunia kaltim melaporkan pada tahun 2013, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berada diurutan ke-4 pengguna internet terbanyak di Indonesia. Disebutkan pada tahun 2013 dari 3,5 juta penduduk kaltim, 1,4 juta diantaranya adalah pengguna internet, khususnya situs jejaring sosial. Yayasan jendela dunia pun memprediksi tahun 2014 pengguna internet di Kaltim bertambah sedikitnya 200.000 jiwa.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi Internet Cerdas, Kreatif, dan produktif (INCAKAP) gelaran Kominfo, dengan dihadiri 100 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan dosen, bertempat Hotel Grand Tiga Mustika Balikpapan, Minggu (6/4).

Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Balikpapan Istia Budi menyebutkan, secara global pengguna internet didunia mencapai 2,4 miliar jiwa. Ini pun menjadi tantangan dan tanggungjawab sosial seluruh pihak terhadap ancaman internet.

“Pemerhati internet semakin banyak. Apalagi sekarang ada teknologi hp, tablet dan komputer. Kita perlu melakukan penguatan citra internet sebagai media di Balikpapan,” ujar Istia saat memberikan kata sambutan.

Sementara itu, sekretaris komisi IV DPRD Balikpapan Eka Citra Devi dalam sambutannya menilai, kegiatan sosialisasi INCAKAP ini lebih efektif dibanding sosialisasi mengenai aturan aturan yang ada. Sehingga ia berharap setelah sosialisasi ini, peserta dapat menularkan ilmunya kepada yang lain.

Pada kesempatan itu, Eka juga menginformasikan, bahwa di Balikpapan telah terbit Peraturan Walikota mengenai jam malam pelajar. Perwali yang diterbitkan per 1 Januari 2014  tersebut mengatur bahwa mulai pukul 6 sore hingga 9 malam, pelajar harus bersama keluarga dan belajar. Dan mengimbau pengelola warnet untuk tidak menerima pelajar di jam jam tersebut, kecuali untuk keperluan belajar.

“Kami sambut baik acara ini. Semoga adik adik peserta ini bisa menularkan kembali diluar sana. Kami berharap ini juga bisa mengurangi efek efek kenakalan remaja,” terangnya.

Sebagai informasi, sosialisasi INCAKAP menghadirkan sejumlah narasumber. Salahsatunya Sri Rahayu Purwitaningsih, istri Menkominfo Tifatul Sembiring. Dalam pemaparannya, Sri Rahayu berpesan untuk menjadi pengguna internet yang INCAKAP, perlu dukungan besar dari keluarga. Ia juga mengingatkan peserta yang hadir untuk menggunakan internet secara bijak.

“Beberapa fenomena di era cyber ini sering kita melihat, satu keluarga yang asik dengan gudgetnya masing-masing. Sehingga komunikasipun menjadi jarang dan suasana kebersamaanpun tidak ada,” ungkapnya seraya menambahkan filter yang terampuh dalam memanfaatkan teknologi adalah iman. (*)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini