Pelepasan Calhaj Asal Balikpapan Berpusat di Islamic Center

Balikpapan (idcfm.net)—Pemerintah Kota Balikpapan mantapkan persiapan keberangkatan Jemaah calon haji (Calhaj) tahun 2017 M/ 1438 H. Salahsatunya penentuan lokasi pelepasan jemaah calon haji yang tahun ini dipusatkan di Balikpapan Islamic Center (BIC). Berbeda dengan tahun lalu

?????????????

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Balikpapan, Shaleh. (Foto: Imay/ IDC FM)

yang pelepasan berpusat di gedung Dome Balikpapan.

“Berdasarkan hasil rapat bersama kemarin, pelepasan jemaah calon haji oleh pak walikota, akan dilaksanakan di Balikpapan Islamic Center. Alasannya apa? Salahsatunya agar warga kita ini juga tau dan bangga dengan salahsatu ikon kota kita ini,” terang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Balikpapan Kantor Kementrian Balikpapan, Shaleh pada Selasa (25/07).

Akses menuju BIC diakui Shaleh belum memadai atau masih sempit dan rentan terjadi kemacetan. Shaleh berujar, jumlah pengantar jemaah calon haji setiap tahun selalu lebih tiga kali lipat lebih banyak dari jamaah yang akan berangkat. Sehingga lalu lintas di kawasan BIC dipastikan ramai. Disisi lain, beberapa kegiatan pelepasan jemaah Calhaj ini berbarengan dengan hari kerja dan hari sekolah. Sehingga jalan semakin dipadati kendaraan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau agar seluruh jemaah Calhaj Kelompok terbang (Kloter) satu pada Jumat (28/7), sudah tiba di BIC pada jam enam pagi. Untuk panitia penyelenggara ibadah haji dipastikan Shaleh sudah berada di BIC saat pelaksanaan salat Subuh.

“Karena biasanya berangkat haji, pengantar bisa tiga kali lipat dari jamaahnya. Jadi untuk kloter pertama yang dilepas tanggal 28 ini, tolong jam enam sudah ada di Islamic Center. Karena itu hari kerja, ada sekolah, jalan masuk macet. Jam delapan teng sudah diterima di asrama. Untuk pengantar cuukp sampai di BIC saja,” ujar saleh menekankan.

Shaleh pun berpesan pada seluruh jemaah Calhaj yang berangkat tahun ini untuk menjaga kesehatan dan perbanyak minum air putih selama berada di tanah suci. Ia juga ingatkan selama berada di tanah suci untuk tidak keluar hotel sendirian. Termasuk menyimpan nomor telepon hotel tempat ia menginap sebagai antisipasi.

“Jemaah umroh saja bisa kesasar apalagi haji. Karena jarak pemondokan dan dari masjid cukup jauh dan banyak orang disana. Apalagi wanita, kalau keluar minimal dua orang dan jangan lupa pencatat nomor hotel yang bersangkutan,” ujarnya lagi.

Untuk diketahui jemaah Calhaj yang berangkat tahun 2017 M/ 1438 H dari kota Balikpapan adalah yang mendaftar haji pada Desember 2009 sampai Februari 2010. Kloter pertama dengan jumlah 450 jamaah  terbang pada 29 Juli dan masuk ke asrama pada 28 Juli 2017. Total jamaah yang akan berangkat berjumlah 532 dan dibagi tiga Kloter. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini