Panglima TNI Sambangi Balikpapan, Kodam Sterilkan Lokasi Kunjungan

MAKODIM

Makodim 0905/ BPP, salahsatu lokasi yang akan dikunjungi Panglima TNI Gatot Nurmantyo. (Imay/ IDC FM)

Balikpapan (idcfm.net)—Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dijadwalkan tinjau tiga proyek pembangunan infrastruktur di Balikpapan pada Jumat (20/05). Ketiganya adalah pembangunan Satuan Radar 223 di Kawasan Gunung Malang, Markas Kodim 0905/ Balikpapan dan Dermaga Sandar Angkatan Laut di Kawasan Pantai Melawai.

Kapendam Kodam VI Mulawarman Letnan Kolonel (Inf) Subagyo, merincikan, berdasarkan jadwal, Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada Kamis (19/05) sekitar jam 8 malam. Panglima Gatot beserta rombongan selanjutnya mengadakan kegiatan internal dan menginap di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan.

“Setibanya di Balikpapan tidak ada kegiatan khusus. Hanya penyambutan

?????????????

Kapendam VI/ Mlw Letnan (Inf) Subagyo

seremonial pengalungan bunga dan tepung tawar. Selanjutnya kegiatan internal di Hotel Grand Senyiur,” terang Letnan Subagyo, saat Jumpa Pers di Media Center Kodam VI/ Mlw pada Kamis (19/05) siang.

Mengingat kegiatan kunjungan dilaksanakan pada hari Jumat, maka peninjauan hanya berlangsung sekitar 30 menit untuk masing-masing lokasi. Selanjutnya kegiatan ramah tamah dan paparan Panglima Gatot dilaksanakan di Makodam VI/ Mlw, sambil persiapan salat Jumat bersama.

“Berdasarkan agenda, kunjungan pertama adalah Satradar jam 9 pagi, dilanjutkan Makodim dan Lanal atau dermaga Lanal. Jam setengah 11 sudah tiba di Makodam untuk paparan panglima. Usai salat Jumat, kita ada kegiatan internal dan sore harinya sekitar jam 4, panglima meninggalkan Balikpapan,” ujarnya lagi.

Kegiatan ramah tamah di Makodam VI/ Mlw juga akan dihadiri Walikota Balikpapan Rizal Effendi. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penanaman sejumlah bibit pohon di area Makodam.

“Ada walikota dan memang disiapkan disitu. Karena itu pembangunan hibah dari APBD Kota. Kita lapor ke pimpinan selama kegiatan ini yang didukung pemerintah daerah dan APBN,” tambahnya.

Dalam rangka kedatangan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, pria asal Tulungagung ini mengaku tidak ada persiapan khusus dari segi keamanan. Hanya saja dilakukan sterilisasi pada titik-titik yang akan didatangi oleh panglima.

“Enggak ada pengamanan VVIP seperti presiden itu enggak. Kita koordinasi dengan satuan yang dikunjungi. Harapannya karena kita didatangi pimpinan orangtua kita, ya persiapan semaksimal mungkin,” imbuhnya.

Sebagai informasi, saat ini Satradar 223 Balikpapan mempersiapkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) dalam rangka mengawasi arus lalu lintas udara dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran dari penerbangan illegal.

Sementara Makodim 0905 Balikpapan sendiri mulai direnovasi total dengan dukungan dana hibah APBD Kota Tahun 2015. Saat ini realisasi pembangunan fisik sekitar 90 persen atau dalam tahap finishing.

Demikian halnya dengan proyek pembangunan Dermaga TNI AL (Lanal) Kota Balikapapan yang pendanaannya juga didukung oleh pemerintah kota. Saat ini pengerjaannya masih di Tahap I berupa reklamasi pantai, jalan pendekat dermaga dan fasilitas pendukung trestle beton. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini