NPL Perbankan Tahun 2015 Tidak Sehat

BI TEMU WARTAWAN

FOTO: Imay/ IDC FM

 

Balikpapan (idcfm.net)— Non Performing Loan (NPL) Perbankan di Kota Balikpapan pada Tw-IV 2015 mencapai 7,23 %. Angka ini melebihi batas tingkat kesehatan perbankan sebesar 5 %.

Pemimpin Kantor Bank Indonesia (KBI) Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan secara sektoral NPL tertinggi tercatat pada sektor pertambangan sebesar 31,92 % dan Angkutan sebesar 28,43 %.  Secara keseluruhan sepanjang 2015, mulai Tw-I hingga Tw-IV, NPL Perbankan memang cenderung meningkat.

“NPL tertinggi tahun 2015 masih dipertambangan. Jika dihitung pangsa NPLnya mencapai 697 juta rupiah lebih,” ujar Suharman, dalam kegiatan jumpa pers di Kantor Bank Indonesia Balikpapan pada Kamis (04/02).

Dari 10 jenis kredit yang disalurkan perbankan, 3 diantaranya memang menunjukan angka yang melebihi batas tingkat kesehatan. Selain pertambangan dan angkutan, jasa sosial menunjukan NPL sebesar 14,96 % dengan nilai Rp. 95, 723. Sementara NPL terendah, yang masih dibawah batas adalah sektor pertanian 0.67 % dan listrik, air dan gas 0.00 %.

“Hal yang tidak bisa kita control adalah dampak ekonomi global. Kita harus berpaling pada sector lain yang memberi dorongan pada pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Untuk kualitas kredit di wilayah kerja KBI Balikpapan pada tahun 2016, Suharman proyeksikan lebih baik dibanding sebelumnya. Ia berkata, sektor pertambangan tahun 2016 masih belum menjadi primadona. Sehingga tahun ini perbaikan penyaluran kredit perbankan diharapkan pada sektor perdagangan dan sektor pembangunan infrastruktur.

“Sektor pertambangan tidak bisa diharapkan dalam waktu yang lama. Sehingga kita bisa berharap pada sector perdagangan dan sector pembangunan infrastruktur,” ujarnya.

Suharman optimis pertumbuhan ekonomi di Kaltim tahun ini semakin membaik. Ini dibuktikan dengan dibangunnya sejumlah pusat perbelanjaan modern di Balikpapan dan Samarinda. Ia juga meminta agar pemerintah setempat timbulkan optimisme dari perusahaan dan perbankan. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini