Mobil TNI Dimodifikasi Untuk Tangani Kebakaran

?????????????

Balikpapan (idcfm.net)—Kodam VI Mulawarman bersiap diri menghadapi status darurat bencana di wilayah Kalimantan Selatan, yang berlaku sejak 15 Agustus 2016 sampai 15 November 2016.

Panglima Kodam VI/ Mlw, Mayor Jenderal TNI Johny Lumban Tobing berujar telah tunjuk Danrem 101/Ant untuk menangani semua kasus kebakaran di Kalsel. Ia menilai potensi kebakaran di kalsel lebih besar dibandingkan Kaltara dan Kaltim. Bahkan menurutnya, di Kalteng petani setempat menerapkan lahan berpindah.

“Rabu lalu saya ikuti paparan dari incident commander dan satgasnya di sana ditunjuk Danrem. Di sana lebih parah dibanding Kaltara dan Kaltim. Kaltim lebih sedikit spotnya dibanding Kaltara,” kata Mayjen Johny pada Jumat (09/09).

Mayjen Johny mengatakan, Pemprov kalsel telah membentuk Satgas Karhutla dibawah komando Danrem. TNI salahsatunya berperan sebagai penyedia alat pemadam kebakaran, baik untuk personel TNI juga untuk masyarakat. Selain itu, pihaknya telah modifikasi sejumlah mobil bak terbuka milik TNI dan mengisinya dengan drum. Mobil TNI ini diharapkan mampu menangani peristiwa kebakran skala kecil.

“Minimal menjadi pemadam kebakaran skala kecil. Sekitar 1500 sampai 2000 liter aja kapasitasnya. Tapi itu membantu,” ujarnya.

Mayjen Johny menyebutkan, sebanyak satu SKK prajurit atau 100 personel TNI disiagakan untuk memantau situasi kebakarand I Kalsel. Namun pihaknya siap menambah jumlah personel jika dibutuhkan.

Koordinasi dengan pemda setempat, Badan Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) juga diinsentifkan. Kesiapsiagaan tersebut sangat diperlukan agar kebakaran hutan dan lahan bisa dikendalikan sedini mungkin.

“Kami juga beri penekanan ada istilah kontak pandang sesama relawan peduli bencana. Kalau asap ini jarak pandang tiga meter sudah tidak terlihat. Sehingga kalau ada yang jalan sendiri sampai tiga meter, kita panggil, agar tidak ada korban,” pungkasnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini