MES DUKUNG KEHADIRAN OCBC NISP SYARIAH DI BALIKPAPAN

IMG_20140922_191935

dok. Irna Daud

 

Balikpapan (idcfm.net)-– Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat ekonomi syariah , jumlah populasi muslim terbesar dan kecenderungan gaya hidup Islami , termasuk ekonomi syariah diyakini akan menjadi trend di masa mendatang. Tentu saja hal itu akan tercapai jika pemerintah mendatang memiliki niat sungguh-sungguh untuk mengembangkan ekonomi syariah.

“Indonesia memiliki potensi menjadi pasar syariah terbesar di dunia. Apalagi pemahaman masyarakat semakin baik dan mulai menggunakan berbagai skema syariah, begitu juga pemahamanan masyarakat yang semakin baik dengan kehadiran lembaga keuangan syariah”, ungkap Anwar Ibrahim, anggota Komisi Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) Pusat. Karena menurutnya perkembangan industri syariah yang signifikan sangat memerlukan respon positif pemerintah.

Profesor bidang syariah lulusan Universitas Al Azhar Kairo ini berkesempatan hadir dalam silaturahmi jajaran pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Balikpapan, bersama jajaran manajemen dan pimpinan cabang unit usaha syariah Bank OCBC NISP, berlangsung di Kator Pusat Baznas Balikpapan baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu , Sekretaris MES Kota Balikpapan, Bambang Saputra menambahkan, terdapat banyak peluang bagi pegiat ekonomi syariah untuk mengembangkan bisnis syariah. “Dalam konteks regional Balikpapan, industri perbankan syariah saat ini telah mengelola dana lebih dari Rp 1,9 triliun, tumbuh lima kali lipat dibanding tahun 2007 lalu, dengan market share 8 persen di atas rata-rata nasional yang kurang dari 5 persen”, katanya.

Menurut Bambang, Booming bank syariah ditandai dengan kehadiran berbagai bank syariah di kota Balikpapan, maka kehadiran unit usaha syariah Bank OCBC NISP tahun ini diharapkan lebih mampu menumbuhkan industri keuangan syariah kota Balikpapan, yang juga diikuti dengan hadirnya industri keuangan syariah lain seperti pegadaian syariah, asuransi syariah, pasar modal syariah dan baitul maal wa tamwil (BMT ) serta insya allah juga akan hadir sektor riil syariah seperti hotel syariah, pasar syariah dan laundry syariah.

Silaturahmi DSN MUI Pusat dan jajaran pengurus MES Kota Balikpapan ini sekaligus bentuk dukungan bagi kehadiran Kantor Cabang Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP di kota Balikpapan.(*)

 

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini