Launching dan Sosialisasi KIA, Disdukcapil Kutim Gandeng Dirjen Dukcapil

Sangatta – Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim secara resmi melaunching penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA). Bertempat di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, kegiatan launching KIA, Rabu (10/5), juga sekaligus dilakukan sosialisasi kepada perwakilan elemen masyarakat Kutai Timur dengan menghadirkan tim dari Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Disukcapil Kutim, Januar Harlian mengatakan Kutai Timur sudah sangat siap dalam penerapan KIA atau yang biasa di kenal masyarakat sebagai KTP anak tersebut. Bahkan pencetakan KIA sudah dimulai sejak bulan April kemarin. Namun memang hari ini baru dilakukan launching secara resmi. Tidah hanya launching, pihaknya sekaligus melakukan sosialisasi terkait KIA dan manfaatnya dengan mendatangkan tim dari Dirjen Dukcapil Kendagri.

“Sekarang jika ada masyarakat yang mengurus akta kelahiran, maka akan langsung mendapatkan Kartu Keluarga (KK) baru yang sudah ditambahkan anak, kemudian Akta kelahiran dan KIA bagi anak tersebut. Sementara bagi masyarakat yang hanya mengurus perubahan KK, akan dilihat apakah memiliki tanggungan anak dan belum mempunyai KIA. Jika si anak belum memiliki KIA maka Disdukcapil akan langsung mencetakkan KIA bagi anak tersebut”, terangnya.

Lebih jauh dikatakan, saat ini jumlah KIA yang telah tercetak lebih dari 667 kartu. Sementara Kutim sendiri memiliki stok blangko KIA sebanyak 10.000 lembar kartu. Jumlah ini juga akan bertambah seiring datangnya bantuan blanko KIA sebanyak 20.000 lembar kartu dari pusat. Sehingga dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kutai Timur untuk bisa melaporkan anak-anaknya yang masih balita hingga usia sekolah ke Disdukcapil Kutim, untuk nantinya dibuatkan Kartu Identitas Anak (KIA), Gratis !!!.(Ibnu Djuraid – idcfm.net)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini