Laporan Pembayaran THR di Kabupaten PPU meningkat

Tunjangan-hari-raya

PENAJAM – Sebanyak 38 perusahaan yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah mengkonfirmasi pembayaran tunjangan hari raya (THR tahun 2017. Total yang dibayarkan ke 38 perusahaan tersebut, nilainya mencapai Rp.24,8 miliar, dengan jumlah karyawan penerima sebanyak 7.925 orang.

“Kenaikanya 100 persen, itu jumlah laporan yang masuk. Realisasinya juga meningkat karena yang memberikan data lebih banyak,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten PPU, M Ariadi, Rabu (21/06).

Ia menjelaskan, pembayaran THR oleh perusahaan ke karyawan telah dilakukan dalam rentang waktu 14 – 16 Juni kemarin. Nilai yang dibayarkan sendiri merupakan tunjangan jelang perayaan hari raya, dan tidak termasuk upah bulanan.

Ia menyebutkan, tingkat kepatuhan pembayaran THR kepada karyawan sendiri tahun ini meningkat, jika dibanding tahun 2016. Dimana pada tahun lalu, jumlah perusahaan yang melaporkan pembayaran THR karyawanya sebanyak 16 perusahaan dengan nilai total Rp. 14,6 miliar. Menurutnya, penyebab tidak seluruh perusahaan melaporkan pembayaran THR pada tahun lalu, yakni pihak perusahaan menganggap bukan merupakan kewajiban.

“Tahun lalu banyak yang tidak lapor, makanya kami bentuk posko pengaduan. Ya ada beberapa (pengaduan), tapi itu sudah diselesaikan,” terangnya.

Ia menegaskan, bahwa laporan pembayaran THR ke Dinas Tenaga Kerja, juga menjadi kewajiban pihak perusahaan. Terlebih, data pelaporan pembayaran THR akan disampaikan ke Kementerian Tenaga Kerja

Ariadi menambahkan, jumlah data perusahaan yang telah membayarkan THR ini diperkirakan masih akan bertambah. Mengingat, ada beberapa perusahaan yang belum melaporkan kewajiban pembayaran THR-nya ke Disnakertrans. Sementara hingga kini tercatat sekitar 60 perusahaan tersebar di empat kecamatan yang ada di PPU. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini