Lantik Kepsek, Walikota Ingatkan Gratifikasi

?????????????

Balikpapan (idcfm.net)—Sebanyak 48 Kepala Sekolah jenjang SD dan SLTP di Kota Balikpapan resmi dilantik oleh Walikota Rizal Effendi. Pelantikan mengambil tempat Aula kantor Walikota Balikpapan pada Rabu (15/06) sore dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin dan dihadiri kepala SKPD lingkungan pemkot Balikpapan.

Dalam sambutannya, Walikota Rizal ingatkan para kepala sekolah untuk tidak melakukan praktik gratifikasi. Ia tekankan agar kepala sekolah mampu menolak permintaan orangtua murid dan siswa untuk dimasukan ke sekolah tertentu, padahal nilai anak yang bersangkutan tidak memenuhi standar sekolah yang dimaksud. Ia juga meminta sekolah tidak melakukan pungutan-pungutan yang tidak resmi, meski dengan alasan apapun itu.

“Sekalipun orangtuanya kaya, mereka keberatan kalau ada pungutan ga resmi, itu masuk gratifikasi, punya konsekuensi hukum. Ini juga pelajaran bagi orangtua kan ada program Bina LIngkungan dan Gakin. Terkadang orangtua ingin anaknya masuk SMA 1, SMP 1 padahal anaknya kapasitasnya agak berat,” imbuh Rizal.

Terlepas dari itu, Rizal juga ingatkan agar kepala sekolah bersiap diri menghadapi penerimaan siswa didik baru. Termasuk kepada sekolah-sekolah yang sudah menerapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online.

Terhadap isu kenakalan remaja berupa narkoba dan kekerasan seksual, para guru dan kepala sekolah diminta berperan aktif dalam mengawasi dan mengayomi para muridnya agar tidak ikut terjerumus.

“Narkoba dan kekerasan seksual ini sudah menjadi masalah nasional. Siswa bahkan guru juga bisa tersandung kasus ini. Ini patut diwaspadai,” tegasnya.

Selain pelantikan 48 kepala sekolah, secara bersamaan Walikota juga melantik 11 Pengawas Sekolah Madya SD dan Pengawas Sekolah Madya SLTP Mata Pelajaran IPA. Penetapan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah tersebut berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang diterbitkan pada 15 Juni 2016. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini