KPUD Sebut Ada DP4 Fiktif

Balikpapan(idcfm.net)—Ketua KPUD Kota Balikpapan Nur Toha, akui terdapat pemilih fiktif dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

Pernyataan itu dilontarkannya berdasarkan catatan saat survey di lapangan, yang mana sejumlah ketua RT mengungkapkan warganya yang meminta agar menitipkan sejumlah nama untuk dimasukan dalam satu Kartu Keluarga (KK). Padahal orang tersebut tersebut hanya menetap sementara di Balikpapan sehingga tidak menyalurkan suaranya dalam pemilihan umum.

Dengan demikian, kata Nur Toha, akibatnya setelah DP4 ditetapkan menjadi Daftar pemilih Tetap (DPT), bisa mengurangi angka partisipasi pemilih. “Kan jumlah suara yang sah dibagi jumlah pemilih. Kalau pemilihnya banyak, orangnya ga ada jadinya angka partisipasi kecil. Maka ini DPT menjadi penting,” ujar Nur Toha, Selasa (31/03).

Ia memprediksi dari DPT pada Pemilihan Presiden 2014 yang berjumlah 440.220, seyogyanya hanya berjumlah 420.000 pemilih. Sehingga dalam menghadapi Pilkada kali ini, Nur Toha meminta agar pihak RT melakukan pemutakhiran data. Pemutakhiran data tersebut, ia juga meminta dengan tegas agar warga yang  telah 6 bulan tidak menetap diwilayahnya untuk dicoret dari DP4.

Lebih jauh Nur Toha menjelaskan, Pilkada kali ini berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, yang mana saat itu untuk memenangkan Pilkada, harus memperoleh suara diatas 30 persen. Jika tidak tercapai, maka aka nada putaran kedua. Sementara dalam Pilkada 2015 ini, dipastikan hanya ada 1 putaran, karena peraih suara terbanyak akan keluar sebagai pemenang. “Selisih satu suara pun menang, bisa jadi walikota. Makanya saya tegaskan kepada ketua RT dari kurun waktu tertentu ga da orangnya dicoret. Karena nanti bisa membengkak,” ujarnya lagi.

Nur Toha menambahkan, seiring dengan dilakukannya pemutakhiran data pemilih, untuk Pilkada 2015 ini ia menargetkan jumlah partisipasi pemilih menjangkau 75 persen dari DPT yang ada. Sementara itu, partisipasi pemilih dalam kurun 4 tahun terakhir ini terlihat meningkat. Disebutkan dalam Pilkada Balikpapan 2011, partisipasi pemilih sebesar 58 persen.  Selanjutnya Pilgub Kaltim 2013 sebesar 60 persen, Pileg 2014 sebesar 68,9 persen dan terakhir Pilpres 2014 sebesar 72 persen. (Imay S.)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini