KPU Segera Evaluasi Tahapan Pilkada 2015

RIZAL RAHMAD

Penyerahan SK Penetapan Kepala Daerah Terpilih disaksikan langsung Ketua KPU Provinsi Kaltim M. Taufik. pada Senin (25/01). (Imay/ IDC FM).

Balikpapan (idcfm.net)—KPU Kota Balikpapan langsung lakukan evaluasi tahapan pelaksanaan Pilkada, pasca dilangsungkannya penetapan pemenang Pilkada Kota Balikpapan yang digelar di Aula Kantor KPU Kota Balikpapan, pada Senin (25/01) pagi.

“Tugas KPU menetapkan dan mengusulkan. Untuk disahkan selebihnya domain Mendagri. Setelah ini kami langsung bekerja. Rabu ke Samarinda (KPU Provinsi, red) untuk evaluasi menyeluruh semua tahapan. Kemudian kita buat LPJ kegiatan maupun keuangannya,” urai Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, usai penetapan pasangan Rizal Effendi- Rahmad Mas’ud sebagai pemenang Pilkada.

?????????????

Istri Kepala Daerah Kota Balikpapan 2016 Terpilih Arita Rizal Effendi dan Nurlena Rahmad Mas’ud bercengkrama dengan pendukungnya disela kegiatan penetapan di Aula Kantor KPU. (Imay/ IDC FM)

Noor Thoha berujar, saat ini yang menjadi PR pihak KPU salahsatunya evaluasi tingkat partisipasi pemilih. Dalam Pilkada Balikapapan 2015 partisipasi pemilih hanya 60,3 persen, jauh dari target KPU sebesar 75 persen. Namun Thoha mengklaim pelaksanaan Pilkada di Balikpapan masih lebih baik jika dibandingkan dengan Kutai Kartanegara dan Samarinda.

“Gambaran kesadaran politik warga ga sesuai harapan. Memang banyak faktor dan KPU introspeksi apa yang kurang dalam sosialisasi itu,” tuturnya lagi.

Adapun jadwal pelantikan Rizal Effendi dan Rahmad Mas’ud sebagai Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2016-2021, Thoha perkirakan pada Februari atau Maret 2016, tergantung keputusan Mendagri. Menurutnya pelantikan akan dilaksanakan serentak bersama 20 Kabupaten Kota lainnya di Indonesia yang melaksanakan pemilihan pada 9 Desember 2015, yang mengambil tempat Istana Negara, Jakarta. Sementara pelantikan di Balikpapan sendiri menunggu jadwal paripurna oleh DPRD Kota Balikpapan.

“Menurut berita, pelantikan serentak di istana, baru diparipurnakan DPRD. Tentang masa bakti kepala daerah sekarang yang berakhir pada bulan 5, jadi domain Mendagri kami ga bisa jawab,” tutupnya.

Sebagai informasi dalam penetapan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut, dua pasangan lainnya, Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf dan Heru Bambang-Sirajuddin, tidak tampak menghadiri. Kehadiran dua pasang calon Kepala Daerah Balikpapan ini, masing-masing hanya diwakilkan oleh ketua tim sukses. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini