KPU Beri Waktu Sanggahan 3 Hari

Balikpapan (idcfm.net)—KPU Kota Balikpapan memberikan kewenangan bagi Paslon Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2015 untuk melakukan sanggahan dan upaya hukum mulai 16 hingga 18 Desember 2015.

?????????????

Ketua KPu Kota Balikpapan, Noor Thoha. (imay/ IDC FM)

Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha menyebutkan, jika nantinya tidak ada Paslon yang melakukan sanggahan, maka pada 22 Desember 2015 pihaknya akan menetapkan paslon nomor urut 1 adalah kepala daerah terpilih dan pada 29 Desember mengajukan permohonan pelantikan. Namun jika terdapat sanggahan dari paslon lain, maka Thoha tekankan pihaknya harus menunggu hasil akhir dari Panwaslu dan Tingkat Mahkamah Konstitusi (MK) jika ada gugatan banding.

“Hasil ini akan dijadikan dasar tetapkan paslon terpilih kita kasih 3 hari masa sanggah, jika ada upaya hukum atau sanggahan. Namun jika nanti banding ke MK, kita kita tindaklanjuti. Jika dikatakan pemilihan ulang, harus dijalankan itu dulu,” tegasnya.

Menurut Noor Thoha, berdasarkan PKPU, masa akhir keputusan banding tingkat MK adalah 13 Maret 2015. Jika nantinya MK juga tolak upaya hukum tersebut, maka 1 hari setelahnya KPU langsung mengumumkan Paslon terpilih. Namun jika ternyata permohonan sanggahan dikabulkan oleh MK, maka KPU harus mentaati hasil dari keputusan MK tersebut. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini