KPP Samarinda Dominasi Bayar Tebusan Tax Amnesty

pajak edit

 

Balikpapan (idcfm.net)—Nilai tebusan program pengampunan pajak atau Tax Amnesty (TA) di Kaltim dan Kaltara, hingga 21 Maret 2017 mencapai Rp. 1,230 Triliun.

Berdasarkan catatan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak ( Kanwil DJP) Kaltim dan Kaltara, sejak diluncurkan pada Juli 2016, TA diikuti sebanyak 16.033 Wajib Pajak. Dengan rincian 10.693 WP Orang Pribadi dan 5.340 WP Perusahaan/ badan.

“Ini nilai tebusan langsung  yang dibayar berdasarkan laporan aset. Kemudian ada juga WP yang ikut TA itu membayar tunggakan misalnya 100 juta pokoknya 60 juta ada sangsi 40 juta. Jadi pembayaran tunggakan pajaknya 247,9 Miliar,” urai Kepala kanwil DJP Kaltim dan Kaltara Samon Jaya, dalam jumpa pers di Balikpapan pada Selasa (21/03/2017).

Samon mengungkapkan terdapat sejumlah kasus perpajakan yang masuk proses hukum berupa Bukti permulaan. Namun karena WP tersebut mengikuti program TA, maka diminta bayar kerugian negara dengan nilai pokoknya. Setelah membayar tebusan, maka WP tersebut mendapat surat bukti setoran.

“Kemaren sempat ada membayar kerugian negara 9.1 miliar. Hari ini ada juga yang bayar pokok tebusan sampai 17 Miliar. sehingga total yang dihimpun atas kebijakan TA sampai hari ini sebesar satu triliun 480 juta rupiah,” sebutnya.

Lebih jauh Samon merincikan, untuk tebusan harta bersih yang dilaporkan dalam program TA saat ini sebesar Rp. 53 Triliun. Nominal terbesar adalah Deklarasi harta dalam negeri sebesar Rp. 34,9 triliun; Deklarasi harta luar negeri Rp. 8,6 triliun; UKM Rp. 8,2 triliun dan Repatriasi Rp. 1,23 triliun.

Sementara tebusan TA saat ini didominasi KPP Samarinda sebesar Rp. 562 Miliar; menyusul Balikpapan Rp. 281 Miliar dan tarakan Rp. 197 Miliar.

“KPP Samarinda ini hampir 40 persen dari realisasi TA kita sampai saat ini. Program TA ini tinggal 10 hari. Kami himbau WP yang belum ikut, ayok silakan. Karena setelah ini dilakukan penegakan hukum,” tandasnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini