Komisi XI DPR RI Pantau Pembangunan Kaltim

MARWAN SATU

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan. (Foto: Imay/ IDC Network)

Balikpapan (idcfm.net)— Komisi XI DPR RI melakukan rapat kerja dengan Bank Indonesia Kalimantan Timur dengan mengambil tempat Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan. Kunjungan kerja Komisi yang membidangi keuangan dan perencanaan pembangunan ini guna melihat seberapa jauh dampak dari pembangunan infrastruktur untuk tingkatkan ekonomi dan pengentasan pengangguran di Kaltim.

“Kami berharap adanya peningkatan program infrastruktur nasional menjadi stimulus meng up pertumbuhan ekonomi kaltim. Kaltim tidak bisa berharap banyak dari batubara,” ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan pada wartawan usai acara pada jumat (07/04/2017).

Dalam pertemuan tertutup itu, Marwan mendapati delapan program prioritas diantaranya persoalan kilang Balikpapan, Blok Mahakam dan Tol Kalimantan. Sehingga menstimulus pertumbuhan ekonomi di Kalimantan dinilai mendesak. Untuk jangka pendek, pembangunan infratsuktur mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Kalau berharap inovasi misalnya energi terbarukan kan jangka panjang, masih butuh waktu 5 sampai 10 tahun. Tapi itu harus jalan kalau tidak begini terus. Solusi program jangka pendek, disamping Pemda dan bank Indonesia mencari solusi jangka panjang,” ujarnya lagi.

Pria asal Lampung ini juga meminta Bank Indonesia dan Pemprov Kaltim buat rencana strategis terhadap program proyek nasional. Rancangan strategi nasional tersebut selanjutnya dibahas dalam bentuk rapat komisi bersama Menteri Keuangan, Bappenas dan Bank Indonesia.  Rancangan strategis dibuat agar pihaknya bisa menganalisa dampak positif dari pembangunan terhadap kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan generasio.

“Jika hanya belanja yang tidak memberikan dampak positif bagi indikator nasional kemiskinan , pertumbuhan, generasio berarti misleading, seperti sekarang ini. Kita membangun tapi generasio nya makin tinggi, jadi tidak pas. Dengan adanya rancangan strategis, kita bisa evaluasi per triwulan, per semester dan per tahun,” pungkasnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini