Kodam VI/ Mlw Kembangkan Radio AM di Perbatasan

Balikpapan (idcfm.net)—Kodam VI Mulawarman saat ini menjajaki pemanfaatan gelombang radio Amplitude Modulation (AM) di perbatasan. Dipilihnya Radio AM karena dinilai paling efisien, mudah dan sederhana. Jangkauan siaran selain menurunkan angka kejenuhan para petugas yang berjaga diperbatasan, juga membantu dalam menurunkan angka pelanggaran.

?????????????

Syukuran dengan pembacaan doa dilanjutkan potong tumpeng oleh Kapendam VI/ Mlw Kolonel Inf Andi Gunawan . (Imay/ FM)

“Kodam khususnya Kodam VI Mulawarman coba merancang kembali dan memanfaatkan gelombang radio AM ke perbatasan. Saya ingat waktu masih bertugas di perbatasan irian dengan modal baterai dan radio saya bisa mendengar siaran dari Brazil, BBC London dan Australia. Padahal saat itu ga ada BTS,” ujar Kapendam VI/Mlw Kolonel Inf Andi Gunawan, disela kegiatan syukuran HUT ke-65 Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (DISPENAD), bertempat Media Center Kodam VI/ Mlw, Rabu (13/01).

Menurut Andi sejumlah negara maju juga mencoba kembali kembangkan teknologi tersebut dengan alasan efisiensi biaya. Dipilihnya teknologi radio AM daripada radio FM salahsatunya karena jangkauan gelombang yang lebih jauh dan tinggi.

Ia berharap pengembangan teknologi Radio AM  ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah. Karena juga turun membantu kinerja pemerintah dalam menyampaikan sosialisasi kebijakan kepada warga di perbatasan.

Sementara mengenai kinerja DISPENAD Ke-65, Andi menuturkan setiap tahunnya menunjukan kemajuan dan perubahan lebih baik. Dewasa ini pejabat utama penerangan diisi oleh personel pilihan yang mampu bertugas untuk mengimbangi kinerja organisasi secara keseluruhan. Di era teknologi informasi, perluasan komunikasi informasi dan media menjadi factor dominan dalam mencapai tujuan dan ssaran organisasi. Perubahan ini memunculkan kesadaran, bahwa penerangan bukan aksesoris tapi organisasi besar dalam tubuh TNI AD.

“Dulu DISPENAD dipandang sebelah mata, hanya berupa tempat buangan. Kini justru menjadi tempat favorit TNI dan PNS dalam berkarir. DISPENAD juga menunjang perang teknologi yang kian marak saat ini. Selaras dengan tema hari jadi ke-65, “Melalui Hari Jadi ke-65 Kita Tingkatkan Peran Penerangan Angkatan Darat Guna Memperkuat Kemanunggalan TNI Rakyat”,” tambahnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini