Kerukunan Keluarga Mandar Bukber di Masjid Eks. Rumah Walet

kkmsb nurlena

Hj. Nurlena Rahmad secara simbolis serahkan paket sembako kepada kaum dhuafa di Masjid Al-Fatih Lamaru Balikpapan Timur pada Selasa (06/06/2017). Foto: Imay/ IDC Network

 

Balikpapan (idcfm.net)— Pengurus Kerukunan Keluarga Mandar Sulawesi Barat (KKMSB) Kota Balikpapan menggelar silaturahim dan buka puasa bersama (bukber) di Masjid Al Fatih, Jl Petinggi Husaini, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur pada Selasa (06/06/2017). Masjid yang berdiri di areal RT 17 ini dulunya merupakan rumah wallet. Namun pada September 2016 atas izin pemilik bangunan, rumah wallet tersebut disulap menjadi sarana ibadah umat muslim di kawasan tersebut.

“Masjid ini dulunya gedung wallet kemudian pada 16 September 2016 dilakukan peletakan batu pertama untuk dirubah menjadi masjid. Kegiatan ibadah di masjid ini cukup baik selain salat juga kegiatan TPA Al-Quran dan pengajian,” ujar Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan KKMSB, Taufik Abdul Mu’in.

Sebelumnya, kata Taufik menjelaskan, pihaknya melakukan survey wilayah mana di Balikpapan Timur yang paling banyak kaum dhuafa dan anak yatim khususnya warga etnis Mandar. Sebab, dalam kegiatan bukber ini juga dibagikan 90 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Pembagian paket sembako dilangsungkan pasca pelaksanaan salat Magrib berjamaah di Masjid Al Fatih tersebut.

“Dhuafa yang mendapatkan paket sembako ini bukan hanya dari Lamaru tapi dari Batakan dan Manggar yang masih masuk Kecamatan Balikpapan Timur. Sebelumnya kami turun langsung melihat aktivitas keseharian mereka sebagai petani, nelayan dan serabutan. Dan tidak semua penerimanya etnis Mandar,” terangnya lagi.

Dalam kegiatan silaturahim tersebut tampak hadir perwakilan dari kelurahan dan kecamatan. Termasuk juga Wakil Walikota Balikpapan sekaligus Ketua KKMSB Kota Balikpapan H. Rahmad Masud, SE yang didampingi sang istri Hj. Nurlena Rahmad.

Rahmad Mas’ud mengatakan di bulan yang penuh berkah ini seluruh warga yang tergabung dalam KKMSB berkontribusi untuk saling membantu antar sesama. Hal ini sebagai wujud kepedulian KKMSB untuk menyantuni keluarga yang kurang mampu, termasuk santunan kepada anak yatim dan piatu.

Ia juga mengatakan, bukan hanya di Balikpapan Timur, namun KKMSB akan melakukan kegiatan serupa di kawasan KM 24 dan KM 11 Karang Joang Balikpapan Utara, selama Ramadhan tahun ini.

“Saya selaku ketua KKMSB mengucapkan terimakasih pada ketua panitia atas terselenggaranya buka puasa bersama warga disini. Saya juga minta maaf karena dari tiga kali undangan, baru hari ini saya bisa datang. Semoga silaturahim kita tetap terjaga,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Rahmad Mas’ud mengaku akan memberi dukungan untuk pelaksanaan pembangunan Masjid Al Fatih. Ia pun meminta agar pengurus masjid mendata segala keperluan guna menunjang percepatan pembangunan masjid tersebut.

“ Tadi saya sampaikan silakan di data apa-apa saja yang dibutuhkan materialnya segala macam. InshaAllah kita akan support untuk itu,” imbunya seraya tersenyum. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini