Kenali Petugas Sensus Ekonomi 2016

iklan se2016mini

 

Balikpapan (idcfm.net)—Sebanyak 1249 petugas Sensus Ekonomi 2016 Kota Balikpapan diberi pelatihan sejak 21 Maret hingga 24 Maret 2016. Pelatihan selama empat hari ini diberikan sebelum petugas tersebut turun kelapangan, dan melakukan sensus pada pelaku usaha sepanjang bulan Mei 2016. Sensus ini dilakukan bagi seluruh sektor usaha secara menyeluruh, kecuali sektor pertanian.
“Petugas sensus ini terbagi dua. Untuk petugas pendataan ada 947 orang dan petugas pengawas ada 302 orang. Pelatihan ini terpisah di 6 lokasi, sesuai wilayah pendataan masing-masing,” Ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan, Nur Wahid, kepada IDC FM pada Senin (21/03).
Yang menjadi kriteria Sensus Ekonomi 2016 Kota Balikpapan, kata Nur Wahid, adalah seluruh kegiatan usaha baik ekonomi bersifat profit, maupun non profit, mulai dari pelaku usaha industri rumah tangga, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. Berdasarkan data yang ada, di Balikpapan terdapat sekitar 70.000 usaha. Namun dalam sensus ini pihak BPS target sensus ekonomi mampu menjangkau 50.000 usaha.
“Nanti kita petakan sektor apa yang paling banyak serap tenaga kerja, sektor mana yang paling berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi, mana yang punya omzet besar. Selanjutnya hasil sensus ini menjadi bahan untuk tingkatkan perekonomian kota dimasa akan datang,” kata Nur Wahid.
Adapun ciri-ciri petugas Sensus Ekonomi 2016 Kota Balikpapan, dibekali kartu tanda pengenal, mengenakan rompi dan topi petugas sensus. Ia juga memastikan responden atau pelaku usaha yang didata, tidak dipungut biaya apapun. Petugas sensus juga diajarkan teknis penghitungan estimasi aset, bagi pelaku usaha yang masih melakukan pembukuan secara manual.
“Nanti setelah sensus, rumah dan tempat usahanya akan ditempel stiker sebagai bukti telah disensus. Disini petugas juga tidak diperkenankan meminta imbalan biaya apapun kepada responden,” tukasnya.

Nur Wahid menambahkan, agar proses sensus ekonomi ini berjalan lancar, pada April 2016, pihaknya akan lakukan sosialisasi bagi sejumlah pelaku usaha. BPS Kota Balikpapan juga membagikan brosur dan selebaran, yang isinya meminta dukungan agar kegiatan Sensus Ekonomi 2016 Kota Balikpapan, berjalan lancar. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini