Kelola SMA/SMK, Pemprov Fokus Pemerataan Pendidikan

Balikpapan (idcfm.net)—Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim menyatakan siap ambil alih pengelolaan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dari Pemerintah Kabupaten/ Kota, mulai Januari 2017. Langkah tersebut sesuai ketentuan Undang-undang 23 Tahun 2014 Tentang Peralihan Kewenangan Pendidikan Jenjang SMA/ SMK.

?????????????

Kasubag Umum Disdik Provinsi Kaltim, Idhamsyah

Kasubag Umum Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Idhamsyah , mengatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan dan verifikasi data dari masing-masing dinas pendidikan kabupaten kota. Data tersebut berupa jumlah tenaga guru, jumlah pegawai administrasi dan aset sekolah.

“Saat ini kita siapkan data berapa personel, aset berapa yang diserahkan mana barangnya kita verifikasi itu, 2017 Januari diserahkan ke Pemprov. Mudah-mudahan ada ya. Karena ini undang-undang ga ada toleransi, Januari 2017 harus diserahkan ke provinsi,” tegas Idhamsyah.

Seiring beralihnya pengelolaan tingkat SMA/SMK ke provinsi, otomatis semua manajemen termasuk penggajihan pegawai dilakukan oleh provinsi. Direncanakan untuk mempermudah koordinasi dan administrasi kepegawaian, kata Idhamsyah, pihaknya akan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Kita mungkin punya UPTD. Mungkin saja seperti Grogot, PPU dan Balikpapan satu UPTD. Harapan kita 2017 UPTD itu sudah ada,” ujarnya lagi.

Idhamsyah sendiri menyambut baik kebijakan pemerintah pusat tersebut. Menurutnya dengan dikelola oleh pemerintah provinsi, pemerataan pendidikan akan lebih cepat, karena akan dilakukan penyebaran tenaga pendidik. Para guru juga diharapkan bisa konsisten dalam mengajar sesuai ketentuan. Dengan demikian, Kaltim akan melahirkan peserta didik yang berkualitas dan menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

“Keinginan pemerintah pusat seperti itu. Kita focus bangun SDM dan ini akan terlihat 10 tahun kedepan. Regenerasi jadilah pemimpin kita dari anak Kaltim yang cerdas. Menjadi gubernur, bupati dan walikota kita berharap demikian. Sekolah bukan hanya berbekal pintar tapi cerdas,” imbuhnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini