Jamaah Haji Balikpapan Terserang Batuk Pilek

haji1

ist.

 

Balikpapan (idcfm.net)—Jamaah haji Balikpapan mulai banyak yang terserang sakit batuk dan pilek. Yang mana penderita ini didominasi oleh calon haji yang telah lanjut usia.

ALFI TAUFIK

Plt Kemenag Balikpapan, Alfi Taufik

Menurut Plt Kemenag Balikpapan Alfi taufik, cuaca Indonesia dan tanah suci berbeda sehingga jamaah mudah terserang sakit batuk dan pilek. Meski demikian, berdasarkan info yang ia terima, dari 394 jamaah haji asal Balikpapan, belum satu pun yang mengalami sakit serius atau dirawat inap di Balai Kesehatan Haji Indonesia.

“Kondisi kesehatan jamaah kita alhamdulillah sehat walafiat, walaupun ada yang terserang batuk pilek. Sebagian juga pegal-pegal karena capek mungkin ya. Tapi belum satu pun yang sampai rawat inap di Balai Kesehatan Haji Indonesia di Mekkah,” ungkap Alfi Taufik kepada IDCFM, Sabtu (27/9).

Sementara itu mengenai kualitas katering haji, Alfi mengaku belum ada laporan keluhan dari jamaah haji Balikpapan. Demikian juga dengan kasus penipuan yang dialami jamaah Balikpapan. Menurutnya, pihaknya telah mengingatkan jamaah untuk tetap berada dalam satu rombongan guna menghindari adanya oknum yang menipu dan memeras jamaah haji yang tersesat atau terpisah dari rombongan.

“Tahun lalu iya ada keluhan tentang kualitas katering disana dan juga sempat ada jamaah kita yang tertipu karena terpisah dari rombongan. tapi sejauh ini masih berjalan baik,” ujarnya lagi.

Alfi menginformasikan, saat ini jamaah Balikpapan yang terbagi dalam 3 kloter yakni Kloter  1 yang masuk gelombang pertama dan kloter  11 dan 12 masuk gelombang kedua. Saat ini seluruh jamaah berada di Kota Mekkah, persiapan masuk hari Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah, atau bertepatan dengan 4 Oktober 2014. Yang mana jamaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, mabit dan melempar jumroh di Mina dan berakhir setelah melakukan Tawaf Ifadah, Said an tahallul di Mekkah.

Setelah peristiwa haji yang jatuh pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan pada 5 Oktober, untuk jamaah Balikpapan Kloter 1 kembali ketanah air pada 13 Oktober 2014. Sementara Kloter 11 dan 12 lanjut ke Madinah untuk melaksanakan salat Arbain di masjid Nabawi, Madinah. (*)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini