Inflasi Kota Balikpapan Juli 2016 Sebesar 1,03 Persen

GEDUNG bps bALIKPAPAN

Balikpapan (idcfm.net)— Kota Balikpapan pada bulan Juli 2016 mengalami inflasi sebesar 1,03 persen. Kelompok komoditi pengeluaran konsumsi rumah tangga yang mengalami kenaikan indeks harga pada bulan ini yaitu : Kelompok Bahan Makanan; Kelompok Makanan Jadi, Minuman Rokok dan Tembakau; Kelompok Sandang; Kelompok Perumahan, Air, Listrik, Gas dan Bahan Bakar; Kelompok Pendidikan, Rekreasi dan Olah Raga dan Kelompok Transpor, Komunikasi, dan Jasa Keuangan.

Sementara kelompok yang mengalami penurunan indeks harga pada bulan ini yaitu Kelompok Kesehatan. Pada bulan Juli 2016 inflasi tahun kalender Kota Balikpapan sebesar 2,76 persen dan inflasi “year on year” 3,51 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan, Nur Wahid, merincikan sumbangsih kelompok pengeluaran yang memberikan andil tertinggi terhadap inflasi adalah Transportasi, Komunikasi dan jasa Keuangan sebanyak 0,74 %, dengan perubahan indeks harga 4,05 %.

“Komoditi yang memberikan andil besar terhadap inflasi adalah angkutan udara, perbaikan ringan kendaraan, mobil dan busi,” terang Nur Wahid.

Nur Wahid mengatakan Inflasi Kota Balikpapan pada bulan Juli 2016 merupakan tertinggi kedua di regional Kalimantan setelah Kota Tanjung yag mengalami inflasi sebesar 1,08 persen, sedangkan tiga kota yang mengalami inflasi terendah adalah Palangkaraya dan Samarinda (masing-masing 0,20 persen) dan selanjutnya Kota Tarakan yang mengalami inflasi sebesar 0,30 persen.

“Sebagaimana trend nasional yang mengalami inflasi sebesar 0,69persen, seluruh kota di regional Kalimantan mengalami trend inflasi yang searah, dan tidak ada yang mengalami deflasi,” pungkasnya. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini