Ikat Kepala Merah Putih, Berjudul Nusantara Bersatu

lapmer-gandeng-tangan

Nusantara Bersatu: Unsur Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat sepakat menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. (Foto: Imay/ IDC FM)

Balikpapan (idcfm.net)—Apel nasional Nusantara Bersatu wilayah Kota Balikpapan terpusat di Lapangan Merdeka. Sekitar 40 ribuan simpatisan dari beragam elemen masyarakat berdiri dengan tertib dan mengenakan ikat kepala berwarna merah putih. Simpatisan dengan ikat kepala merah putih ini terdiri dari Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat , Pimpinan BUMN, Mahasiswa dan Pelajar.

“Di Balikpapan ada 109 paguyuban dari 30 suku. Itu ada lembaga adat, agama, dan lainnya. Masing-masing mengenakan pakaian adat dan mengenalkan tarian khasnya. Persiapannya hanya satu minggu,” ujar Ketua FKPB (Forum Komunikasi Paguyuban Balikpapan), Leo Sukoco, kepada wartawan usai menyampaikan orasi.

Dalam orasinya, Leo menyampaikan harapannya agar seluruh paguyuban dan etnis di Balikpapan bersatu dalam perdamaian. Leo juga menyatakan kesepakatan FKPB, bahwa kekerasan harus diakhiri dan menyamakan satu kata, yakni kebersamaan adalah tujuan utama kita mengisi kemerdekaan.

Leo juga mengapresiasi pemerintah kota Balikpapan yang mampu mempertahankan kondusivitas kota. Menurutnya, Balikpapan adalah Indonesia mini dan perlu dipertahankan kondisinya agar tetap kondusif dan nyaman dihuni.

“Kita ketahui disana-sini terjadi kekerasan dan intoleransi. Secanggih apapun alutsista (alat utama sistem senjata) TNI Polri, tidak ada apa-apanya jika kita tidak bersatu. Rakyat bersama harus membantu TNI Polri,” imbuhnya.

Dalam orasi singkatnya, Walikota Balikpapan Rizal Effendi ingatkan masyarakat untuk menjaga perstauan dan tekankan NKRI adalah harga mati. Walikota Rizal juga ingatkan orangtua untuk menjaga anak-anaknya, untuk masa depan negara yang lebih baik.

Apel Nusantara Bersatu, kata Rizal, menjadi peristiwa pertama menyatakan rasa persatuan, mencerminkan merah putihnya Indonesia di Balikpapan. Warga bersatu sepakat mempertahankan empat pilar bangsa dan menghilangkan perbedaan yang bisa memecahbelahkan bangsa.

“NKRI harga mati. Terimakasih semua, para pemuda kalian calon pemimpin masa depan. Jagalah anak-anak kita,” ajak Rizal.

Apel Nusantara Bersatu ini dimulai 08:00 WITA sampai 10:30 WITA. Selain orasi dari perwakilan berbagai elemen masyarakat, juga diisi dengan doa bersama enam agama, tarian daerah, menyanyikan lagu kebangsaan dan caba puisi mengindahkan Indonesia. Tema yang diusung “Indonesia milikku, milikmu, milik kita bersama Bhineka Tunggal Ika.” (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini