Gubernur Kaltim Tawarkan Pinjaman Rp. 100 Miliar

AWANG DI BIC

 

Balikpapan (idcfm.net)—Pemerintah Kota Balikpapan masih mengharapkan Dana Bagi Hasil (DBH) Triwulan ke-IV Tahun 2015 dapat segera turun.

Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadly menuturkan Triwulan ke-IV 2015 seharusnya pihaknya mendapatkan DBH sebesar Rp. 283 Miliar. Dana tersebut rencananya dipergunakan untuk kejar target realisasi pembangunan Tahap I Balikpapan Islamic Center (BIC), termasuk juga tuntaskan proyek multiyears Tahap III Stadion Balikpapan.

“Balikpapan Islamic Center ini masih butuh dua kali pembayaran. Hanya karena kami lagi defisit anggaran, harapan kami dari DBH dari pusat. Uang kami ada 283 Miliar Triwulan ke empat yang belum turun,” ungkap Sayid, saat mendampingi Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meninjau BIC pada Selasa (01/02).

?????????????

Kubah bagian dalam Masjid Utama BIC , yang sudah dipasang lampu hias denganukiran kaligrafi dan berukuran raksasa. (Imay/ IDC FM)

Dikatakan Sayid, berdasarkan imbauan dari Mendagri, 2 proyek besar tersebut harus dituntaskan sesuai kontrak kerja, yaitu pada Agustus 2016. Mengingat proyek bernilai ratusan miliar rupiah tersebut dikerjakan secara multiyear dan harus tuntas, diakhir masa jabatan kepala daerah saat ini.

“Kami juga meminta ke DPRD lakukan rasionalisasi untuk beberapa kegiatan. Agar hanya membayar kegiatan yang seharusnya segera dibayarkan,” ujarnya lagi.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak tawarkan pinjaman kepada Pemerintah Kota, untuk kejar target pembangunan Tahap I BIC dan Tahap III Stadion Balikpapan. Awang memastikan pihaknya mampu memberikan pinjaman mencapai Rp. 100 Miliar, dengan harapan proyek ini selesai tepat waktu.

“Dulu (sewaktu menjabat Bupati Kutai Timur, red) saya bangun Perkantoran Bukit Pelangi pinjam 270 Miliar Rupiah. Kita bikin perjanjian dengan DPRD pembayarannya melalui APBD. Saya bayar dua tahun anggaran selesai. Apalagi ini yang baru 100 M, kecil itu,” ujarnya seraya tersenyum.

Awang berharap BIC bukan hanya tempat untuk melaksanakan ibadah Salat. Namun juga menjadi wadah semua kegiatan baik berupa pengembangan, penelitian dan syiar Islam. Ia juga meminta agar BIC pada tahap berikutnya dibangun perpustakaan berbasis modern. Bukan hanya menyediakan buku-buku, melainkan juga terdapat sarana multimedia didalamnya.

“Masyarakat Balikpapan bisa menikmati ini dengan baik. Makanya bikin ajuan pinjaman 100 M sekarang, besok sudah saya setujui,” tandasnya yang disambut tepuk tangan rombongan yang menghadiri. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini