DPRD Setujui Pengelolaan Air Laut Sebagai Sumber Air Baku

Balikpapan(idcfm.net)– DPRD Kota Balikpapan menyatakan komitmen dalam menuntaskan permasalahan krisis air bersih. Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh, mengatakan, pemanfaatan air laut sebagai sumber air baku di Balikpapan adalah alternatif yang bagus untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Balikpapan.

ABDULLOH

Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh

Untuk itu pihaknya bersama pemerintah kota akan menjajaki calon investor luar yang sudah memahami cara pengolahan air laut termasuk titik mana saja yang layak untuk diolah menjadi air baku. Namun diakui saat ini belum ada investor yang menyatakan tertarik dalam program tersebut.

Abdulloh mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi dari Angkatan Laut Balikpapan, kualitas air laut Balikpapan yang layak diolah menjadi air baku PDAM salahsatunya adalah disekitar Pelabuhan Semayang. Sehingga ia optimis program penyulingan air laut menjadi air baku tersebut akan berjalan baik dan mampu memenuhi kebutuhan air bersih seluruh warga Balikpapan.

“Saya dapat referensi dari angkatan laut karena mereka yang setiap hari bergelut disana, kualitas air laut di sekitar pelabuhan semayang itu bagus. Kalaupun itu nanti biayanya mahal, coba dipikir lagi, mahal mana sama beli air satu tandon  seharga 200 ribu,” kata Abdulloh, Jumat (28/11).

Menurut Abdulloh, untuk juga mengurangi beban masyarakat, ia mengusulkan agar dilakukan subsidi silang. Disini pelanggan menengah kebawah menggunakan air waduk manggar dengan tarif murah, sementara pelanggan menengah keatas memanfaatkan hasil olahan air laut dengan tarif lebih tinggi.

“Pengolahan ini biayanya memang besar. Maka nanti jika terealisasi bisa dilakukans ubsidi silang agar masyarakat menengah kebawah tidak terbebani,” ujarnya lagi. (Imay S.)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini