Di Kabupaten PPU, Kadar Zakat Tidak Berubah Dibanding Tahun Lalu

maslekan

PENAJAM – Kadar zakat fitrah di Kabupaten Penajam Paser Utara tahun 2017 ini, ditetapkan paling tinggi sebesar Rp 35 ribu per jiwa. Sementara untuk kategori paling rendah ditetapkan sebesar Rp 25 ribu dan kategori menengah sebesar Rp 30 ribu rupiah per jiwa.

“Kami sudah ada rapat dengan beberapa instansi terkait, kemudian setelah melakukan musyawarah dan diambil kadar zakat fitrah kalau diuangkan menjadi tiga kategori sesuai nilai beras yang dikonsumsi masyarakat,” kata Kepala Kementerian Agama PPU, Maslhekan, Selasa (13/06).

Penetapan kadar zakat mengacu pada harga rata rata beras yang dikonsumsi, dimana berdasarkan survey di tingkat pasar harga terendah beras, yakni sebesar Rp 10 ribu, kemudian dikalikan 2,5 persen nilai zakat yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.

“Itu berdasarkan informasi dari Perindagkop, bahwasanya beras tidak ada kenaikan. Kita akan menaikan kadar zakat apabila terjadi kenaikan harga beras, sementara kan harga beras masih sama dengan tahun lalu.” Tuturnya.

Maslhekan mengungkapkan, kendati secara hukum diwajibkan pembayaran zakat fitrah menggunakan bahan pokok, namun untuk proses kemudahan, masyarakat diperbolehkan membayar menggunakan uang.

Meski menetapkan kadar zakat dalam bentuk rupiah, namun pihaknya mengimbau masyarakat membayar kewajiban zakatnya dalam bentuk bahan kebutuhan pokok. Disamping itu ia meminta masyarakat lebih awal membayarkan zakatnya agar penyaluran zakat fitrah kepada yang berhak bisa dilakukan lebih cepat. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini