Listrik Kaltim Tambah 539 MW Hingga Tahun 2019

?????????????

Direktur PT PLN Sofyan Basir (paling kiri) dalam Jumpa Pers Selasa (11/08). (Imay/ IDC FM)

Balikpapan (idcfm.net)—Dalam rangka memenuhi kebutuhan listrik di Kalimantan Timur, PT PLN berencana menambah pasokan sebanyak 539 Mega Watt di 6 sistem besar yang ada.

Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir menyebutkan proyek di 6 sistem besar tersebut mencapai 2300 yang secara bertahap dibangun mulai tahun ini hingga tahun 2019.  Yang mana pada tahun 2019 secara nasional pihaknya target memenuhi kebutuhan listrik mencapai 97 persen. Sementara saat ini PT PLN masih mengalami defisit 1600 Mega Watt atau 30 persen.

Lebih jauh Sofyan menyebutkan untuk skala Kalimantan penambahan listrik mencapai 2800 Mega Watt dengan 40 pembangkit, dengan proyek terbesar adalah pembangkit mulut tambang. Ditambah dengan tawaran 7900 Kilo Meter Sirkuit untuk transfuse dan tambahan gardu induk sebesar 3.910 Volt Amper untuk 115 project yang ada.

Sofyan berharap seluruh proyek yang ada bisa terbangun dengan baik dan mendapat dukungan semua pihak. Khususnya masalah pembebasan lahan yang kerap menjadi kendala dalam pembangunan tersebut.

“Kami berharap ada dukungan semua pihak dari instansi, pemda dan masyarakat setempat dalam rangka pembebasan lahan,” ujarnya saat Jumpa Pers usai Rapat Koordinasi mengenai Kedaulatan energi, mempercepat pembangunan infrastruktur energi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Balikpapan pada Selasa (11/08).

Ditambahkan Sofyan, PT PLN dan pemerintah telah berkomitmen untuk merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35 ribu Megawatt (MW) dalam jangka waktu 5 tahun (2014-2019). Sepanjang 5 tahun ke depan, pemerintah bersama PLN dan swasta akan membangun 109 pembangkit.

Sementara itu Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengungkapkan dalam waktu dekat juga akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di di 6 titik wilayah perbatasan. Langkah ini juga sebagai upaya percepatan pembangunan infrastruktur dibidang energy. (Imy)

 

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini