Dasar Legal KBM SDIT Istiqamah

Balikpapan (idcfm.net)—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan legalkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SDIT Istiqamah di area Masjid Istiqamah Pertamina Balikpapan.

sarjakaKepala Seksi Manajemen dan Ketenagaan Disdikbud Kota Balikpapan Sarjaka M. Pd. Mengatakan meski terjadi dualisme yayasan pengelola SDIT Istiqamahdengan dua lokasi berbeda, keduanya tetap mendapatkan izin menyelenggarakan KBM. Ia beralasan, berdasarkan Surat Izin Operasional Sekolah (SIOS), izin diberikan kepada masing-masing siswa, yang mendapatkan Nomor Induk Siswa.

“Masalahnya ini menjadi tanggungjawab pemerintah. Kalau toh ada masalah dualisme yayasan jangan sampai anak-anak tidak bisa belajar atau hak mereka memperoleh pendidikan jadi terganggu. Ini jadi tugas pendidikan disdikbud menciptakan proses belajar mengajar tetap berjalan walau ada dualisme,” ujarnya dalam tasyakur “Reborn” SDIT Istiqamah, Selasa (03/01).

Meskipun belum ada keputusan dari PTUN atas kisruh ini, Disdikbud menilai KBM di SDIT Istiqamah-YIB adalah sah dan legal. Bahkan, Sarjaka memastikan sembilan siswa kelas enam di sekolah ini juga bisa menempuh ujian nasional.

“Yang perlu diketahui adalah sambil menunggu keputusan tetap dari PTUN, SDIT ini bisa belajar. Karena apa? Siswa 400 anak ini dapatkan izin operasional. Baik 300 anak disana dan 100 anak disini. Sampai saat ini managemen yag terdaftar di SIOS belum ada perubahan,” ujarnya menerangkan.

Terkait kisruh dualisme pengelola SDIT Istiqamah, Sarjaka kembali ingatkan tidak ada intervensi dari kedua belah pihak. Ia juga tegaskan, Disdikbud tidak segan untuk mencabut izin operasional keduanya, jika kedapatan melanggar ketentuan. Jika izin dicabut, maka keduanya harus melalui proses perizinan dari awal dan mengganti nama sekolah.

“Dari Disdikbud ketika digugat kedua yayasan ini, menang atau kalah ga ada urgensinya untung rugi. Tapi bisa saja Disdikbud rekomendasikan pencabutan izin keduanya dan meminta ganti nama sekolah dan urus ulang izinnya,” pungkas Sarjaka. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini