Daftar Tunggu EKTP di Balikpapan Capai 75 Ribu

helmiBalikpapan- hingga Mei 2017, jumlah daftar tunggu EKTP di Balikpapan sudah mencapai 75 ribu orang. Data tersebut berdasarkan hasil perekaman yang dilakukan selama 5 bulan terakhir setelah dikurangi 10 ribu blanko EKTP kiriman dari Kemendagri pada April lalu.

Kepada IDCFM.net, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan, Hasbulah Helmi mengatakan, bahwa pihaknya belum bisa berbuat banyak dengan keterbatasan blanko ktp elektronik ini karena soal pengadaan blanko langsung dari pusat.

Saat ini, lanjut Helmi, pihaknya baru bisa mencetak berdasarkan antrian perekaman dari Januari sampai September 2016 sementara untuk perekaman di bulan Oktober 2016 hingga Mei 2017 belum ada kepastian kirimin blanko.

untuk warga yang sudah merekam namun belum mendapatkan KTP elektronik, menurut Helmi, pihaknya menerbitkan surat keterangan dari disdukcapil sebagai pengganti sementara dan diperpanjang setiap 6 bulan.

Adapun bagi sudah mendapatkan ktp elektronik dan habis masa berlaku itu tetap bisa dipakai karena itu berlaku seumur hidup tanpa tidak perlu diperpanjang.

“Kami lagi dijanjikan blanko dari Kemendagri di bulan Agustus nanti,” kata Helmi. Di mana hal itu berdasarkan hasil rapat koordinasi disdukcapil se Indonesia di Gorontalo beberapa waktu lalu. Namun pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Balikpapan belum berani memastikan jadwal tersebut. (zha)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini