Cegah Pelajar Mengakses Situs Dewasa, Diskominfo Awasi Warnet

PENAJAM (idcfm.net) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara meminta pemilik warung internet atau warnet, untuk mengawasi aktifitas pelangganya. Upaya tersebut untuk meminimalisir pengguna internet mengakses situs dewasa, khususnya pelajar sekolah. Disinyalir kalangan pelajar yang memanfaatkan layanan sewa internet untuk busi santosomengakses konten konten berbau pornografi.
“Kita akan kirim surat edaran kepada pemilik warnet, agar mengawasi pengguna internet dan melarang siswa sekolah di jam belajar,” kata Kepala Diskominfo PPU,Budi Santoso.
Dirinya mengakui, sejauh ini pihaknya kesulitan dalam menertibkan pelajar yang kedapatan berada di warnet saat jam sekolah.
“Mereka beralasan mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh guru,” ujarnya. Budi Santoso yang juga Plt Kepala Satpol PP tersebut, akan meminta pihak sekolah untuk memberikan surat keterangan kepada siswa, jika harus mengerjakan tugas melalui warnet. “Jika dlam penertiban nanti ditemukan pelajar yang berada di warnet saat jam pelajaran, akan kita beri pembinaan,” tegasnya.
Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta kepada pengusaha warnet untuk mengurus izin usahanya. Pasalnya, masih banyak ditemukan warnet yang beroperasi tanpa izin. “Kami akan data warung warung internet yang ada di PPU, yang belum berizin kami minta untuk segera mengurusnya,” tandasnya.
Meski jumlah warung internet di Kabupaten PPU terbilang tidak banyak, namun minat pengguna warnet cukup tinggi, khususnya dari kalangan remaja. Dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan ujian sekolah, dikhawatirkan dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa itu sendiri. Jika tidak dilakukan pengawasan, maka dampak negative dari pertumbuhan fasilitas penyedia layanan internet, akan lebih besar. Terlebih regulasi yang mengatur konten yang disediakan warnet belum ada. (dee)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini