BPBD Balikpapan Siapkan Rp 200 Juta, Untuk Simulasi Kebakaran

BALIKPAPAN—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Balikpapan tahun ini alokasikan dana sekisar Rp. 200 juta, untuk simulasi pemadaman api di 22 kelurahan.

Kepala BPBD Kota Balikpapan Andi Azis mengatakan, simulasi ini khusus untuk kelurahan yang dinilai rawan terjadi kebakaran, dengan target peserta kalangan ibu rumah tangga. Ditahap awal pihaknya telah melaksanakan simulasi tersebut di dua kelurahan, yaitu Kelurahan Damai Balikpapan Selatan dan Kelurahan Batu Ampar Balikpapan Utara.

Lebih lanjut Andi Azis menjelaskan, kriteria kelurahan yang rawan terjadi kebakaran salah satunya adalah kawasan kumuh dan padat penduduk. Dalam simulasi tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi cara yang tepat dalam memadamkan api, agar tidak terlanjur membesar.

“Kami utamakan para ibu rumah tangga. Karena ibu ibu ini yang setiap harinya berada di rumah. Supaya mereka tidak panik lah saat terjadi kebakaran. Karena kalau panic api tidak dipadamkan sehingga malah menjadi besar kan,” ujar Andi Azis.

Andi Azis menambahkan, selain simulasi pemadaman api, tahun ini pihaknya juga program pengadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun APAR ini hanya dikhususkan bagi wilayah atau RT yang benar-benar rawan musibah kebakaran, seperti kawasan padat penduduk, salah satunya di Balikpapan Barat.(*)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini