Bawaslu RI Desak Ungkap Dugaan Ijazah Palsu

Balikpapan (idcfm.net)—Dugaan Ijazah palsu salahsatu calon kepala daerah kota Balikpapan 2015 menjadi diskusi tingkat nasional. Ketua Bawaslu RI, Nasrullah, ungkapkan selain Balikpapan dugaan serupa juga ditemui di 4 kabupaten kota lainnya yang ikut Pilkada serentak 9 Desember 2015. Sehingga ia meminta agar pihak kepolisian menyelidiki secara cepat dan melacak kebenarannya.

Nasrullah sendiri melakukan pengecekan langsung ke KPU Kota Balikpapan untuk berdiskusi dan melacak apa yang sebenarnya terjadi. Ia juga tekankan, jika penyelenggara secara sadar ikut terlibat dalam permasalahan ini, akan terkena sangsi pemecatan dan ditindak secara pidana.

“Ada kode etiknya. Jika memang ada unsur kesengajaan dia telah menodai sisi netralitasnya dan berbuat curang pada salahsatu pihak. Atau bisa juga dia keliru dalam beri keterangan. Bisa kena apsal pidana,” tegas Nasrullah, usai mengisi sosialsiasi tatap muka bersama stakeholder dan masyarakat dalam peningkatan pengawasan Pilkada, Bertempat Grand Jatra Hotel Balikpapan, Jumat (23/10).

Nasrullah menuturkan, untuk permasalahan dugaan Ijazah palsu adalah ranah dari para penegak hukum. Namun ia mengaku akan mencoba masuk ke ranah tersebut agar permasalahan ini cepat selesai.  Dan masyarakat mendapatkan kepastian mengenai siapakah calon kepala daerah yang akan ditunjuk.

“Jangan terlalu lama terombang-ambing, karena ini calon juga sudah keluar biaya. Tegas, kalau ga penuhi syarat bilang tidak,” tukasnya lagi.

Nasrullah menambahkan, KPU Kota Balikpapan dimina untuk transparan dan tidak terjebak dalam arus politik. Karena semakin transparan maka akan mempermudah pihak KPU dalam menyampaikan pertanggungjawaban. Disisilain, ia juga meminta peserta pilkada menyangkut dana kampanye untuk menyampaikan angka yang rasional dan tidak memanipulasi. Ia berharap Pilkada Balikpapan 2015 ini menjadi barometer suksesnya Pilkada di Indonesia.(Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini