Arzaedy Minta Segel LPG diPermanenkan, Firdaus: “Sulit”

lpg-3kg1

ist.

Balikpapan (idcfm.net)—Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kota (Kabag Ekonomi Sekdakot) Balikpapan, Arzaedy Rachman meminta pertamina untuk permanenkan segel dalam tabung LPG ukuran 3 Kg. sebagaimana diketahui pertamina memberlakukan identitas rayon yang mana masing-masing kabupaten kota memiliki plastik segel dengan warna berbeda, guna menghindari praktek jual LPG 3 Kg di luar daerah tersebut.

Arzaedy beralasan, segel LPG 3 Kg saat ini yang masih berupa plastik dan cukup mudah diganti dengan warna lain dan dijual ke luar Balikpapan. Sebab Harga Eceran Tertinggi (HET) di Balikpapan masih tergolong lebih rendah dibanding beberapa kabupaten kota di Kaltim.

Dengan segel permanen pada tabung LPG ukuran 3 Kg, kata Arzaedy, bisa menghindari penyimpangan pasokan LPG 3 Kg di daerah. Dan pasokan gas di Balikpapan pun tercukupi.

“Contoh, Penajam katanya HET LPG sampe 20 ribu. Bisa saja kan ada pengecer nakal, yang membeli dari sini, lepas segelnya, kemudian menjual ke Penajam. Makanya disini jadi langka,” terangnya.

Arzaedy menambahkan, pihaknya juga telah meminta Pertamina untuk rutinkan operasi pasar LPG 3 Kg, jika terjadi gejolak seperti kelangkaan LPG dan tingginya harga jual. Ia juga mengimbau masyarakat Balikpapan seiring dengan naiknya harga LPG 12 Kg per 1 Januari ini, tidak membuat masyarakat beralih menggunakan Tabung LPG ukuran 3 Kg. Sebab tabung melon tersebut diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM).

 

Segel Permanen Mempersulit Operasional

Terpisah, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan mengaku sulit menerapkan segel permanen pada tabung gas LPG ukuran 3 Kg.
Sales Representative (SR) LPG Rayon I, Firdaus Susanto mengatakan depo pengisian gas LPG tabung 3 kg yang ada di Balikpapan bukan hanya memasok untuk wilayah Balikpapan. Melainkan juga untuk Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kutai Kartanegara. Sehingga jika segel identitas rayon tersebut dibuat permanen, dipastikan mempersulit operasional dan pola distribusinya.

FIRDAUS SUSTANTO

Firdaus Sustanto

“Itu alasan tidak bisa kita patenkan. Karena ini kan refil barang dari penajam, handil, paser, mengisi ditempat yang sama. Kalau diterapkan bisa-bisa nunggu,” jelas Firdaus.
Mengenai kekhawatiran LPG 3 Kg rayon Balikpapan dipasok ke luar kota, Firdaus meminta seluruh masyarakat ikut mengawasi. Jika ditemukan penyimpangan seperti ketidak sesuaian warna plastik segel dengan lokasi berjualan, difoto dan segera melaporkan ke hotline Pertamina nomor 500000.
“Kalau perlu foto sekalian biar ada bukti jelasnya,” itu agen dan pangkalan akan kami beri sangsi skors hingga pemutusan kontrak, “tegasnya lagi.
Sebagai informasi, plastik segel tabung LPG 3 Kg rayon Balikpapan berwarna biru, rayon Penajam Paser Utara berwarna ungu, rayon Paser Tanah Grogot berwarna hitam dan Rayon Samarinda berwarna hijau. (Imay S.)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini