Antisipasi lonjakan Arus Mudik, ASDP Penajam Siagakan 16 unit Fery

20170625_122222

PENAJAM – Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Penajam menyiagakan 16 unit kapal ferry untuk melayani penumpang arus mudik lebaran tahun ini. Dari jumlah tersebut 10 kapal beroperasi pada saat low season, sedangkan sisanya disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan layanan penyebrangan.

Kepala ASDP Indonesia Ferry Kabupaten PPU, Rahmat mengatakan, meski memasuki arus mudik lebaran, pihaknya masih mengoperasikan 10 unit kapal atau sama seperti hari biasa. Pasalnya hingga H-3 Idul Fitri ini belum terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

“Untuk saat ini masih kita operasikan 10 kapal, 6 yang off. Nah, nanti kalau ada perkembangan peningkatan penumpang, kita akan operasikan seluruhnya dengan jadwal 12 : 4 (off) bisa. Kalau pengguna kapal ramai lagi ya kita bisa operasikan seluruhnya,” ujar Rahmat.

Rahmat menjelaskan, 16 unit ferry yang disiagakan terdiri dari kapal berukuran kecil hingga besar. Dimana satu unit kapal besar mampu menampung 40 kendaraan. Sedangkan kapal dengan ukuran kecil dapat memuat hingga 25 kendaraan. Diperkirakan, lonjakan arus penyebrangan terjadi pada H-2 lebaran esok, dengan peningkatan 30 persen.

Tidak hanya penambahan jumlah kapal yang beroperasi, pihaknya juga memangkas waktu bongkar muat. Jika sebelumnya butuh waktu 40 menit, maka pada arus mudik tahun ini dikurangi menjadi 20 menit. Sehingga jarak tempuh dari pelabuhan Penajam menuju Kariangau Balikpapan, hanya sekitar 60 menit. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini