Anggota Komisi 7 DPR RI Dorong Pemkab PPU Dapat Mayoritas Saham Pengelolaan Sumur Chevron

20170622_041936

PENAJAM – Anggota Komisi 7 DPR RI – Ihkwan Datu Adam, mendukung upaya pemerintah Kabupaten Penajam Utara mendapat porsi bagi hasil lebih dari participating interest (PI), yang diberikan oleh pemerintah pusat atas pengelolaan ladang gas milik Chevron. Datu Adam yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Kaltim itu menyatakan, pemerintah daerah berhak atas saham mayoritas pengelolaan sumur bekas yang akan ditinggalkan Chevron akibat kontraknya habis pada Oktober 2018 mendatang.

“Dukungan politik untuk pemerintah Kabupaten PPU, agar mendapatkan sahar mayoritas terhadap pengelolaan sumur Chevron, nah ini kalau terwujud akan sangat luar biasa pendapatan asli daerahnya akan triliunan,” kata Datu Adam, Sabtu (17/06).

Tidak hanya mendukung upaya Pemkab PPU tersebut, dirinya juga meminta pemerintah provinsi Kaltim untuk membantu langkah pemerintah daerah lain mendapatkan hasil lebih, dari pengelolaan aset yang ada di daerah.

“Kan pak bupati kemarin minta 49 persen, tapi kemarin kami di komisi 7 bilang ya tidaklah karena sudah ada Perusda Benuo Taka yang berpengalaman mengelola sektor migas,” ungkapnya. Ia menyebutkan, angka 51:49 persen untuk Pertamina sudah cukup ideal bagi PPU. Terlebih, dengan sistem yang telah dibangun Chevron sebelumnya akan memudahkan daerah mengelola ladang gas tersebut.

“Itukan tidak susah, ya wajarlah tinggal minta managemen tinggal ganti bisa langsung jalan,” tandasnya.

Sejauh ini, Pemkab PPU terus berupaya untuk mendapatkan bagi hasil atas pengelolaan eks ladang gas milik Chevron. Upaya tersebut dengan melakukan lobi lobi politik ke DPR RI hingga Kementerian ESDM. Jika berhasil, maka hasil dari pengelolaan sumur Chevron diperkirakan dapat menambah PAD hingga Rp 3 triliun. (Kominfo)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini