5 Maskapai “Extra Flight”, Ini Rutenya

posko tyerpadu'

Posko Terpadu di Pintu Kedatangan Terminal Bandara SAMS. (Imy/idcfm)

Balikpapan (idcfm.net)–Penumpang yang berangkat melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) terlihat meningkat mulai H-7 Idul Fitri 1436 H, atau tanggal 10 Juli 2015. Penumpang yang berangkat pada H-7 mencapai 13.560 atau meningkat 24 persen. Sementara penumpang dijalur kedatangan mulai terlihat pada H-9 yang mencapai 8.919 atau meningkat 33 persen. Sementara puncak penumpang yang berangkat diprediksi pada H-2 dan puncak arus balik pada H+5.

General Manager Angkasa Pura 1 Bandara SAMS Wendo Asrul Rose, seiring dengan peningkatan penumpang, saat ini 5 maskapai menambah jadwal penerbangan (extra flight), yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya dan Kalstar. Extra flight dimulai sejak 10 Juli hingga 5 Agustus 2015, dengan rute Surabaya, Makassar, Semarang, dan Samarinda.

“Kalau penerbangan reguler 82 penerbangan. Saat ini baru 5 maskapai ajukan extra flight, dengan total seat 19.516. bisa saja nanti ada penerbangan lain yang juga tambah jadwal terbangnya” sebut Wendo, Senin (12/7).

Ditambahkan Wendo pihaknya juga siapkan Posko Angkutan Terpadu di pintu keberangkatan dan kedatangan bandara. Di posko terpadu ini untuk memonitor angkutan lebaran, guna menjamin kelancaran, kenyamanan dan keamanan pengguna jasa bandara dan penerbangan. System pelaporan dalam posko angkutan terpadu ini juga terintegrasi dengan Gubernur Kaltim sehingga memudahkan koordinasi.

“Sekitar 749 personel disiagakan dalam momen lebaran ini. Personel ini sudah disiagakan sejak h minus 15 pada 2 Juli lalu sampai h plus 9 atau sampai 27 Juli mendatang,” pungkasnya.

Sementara itu, Human Capital and General Affair Director Angkasa Pura 1, Saptandri Widiyanto usai meninjau kesiapan Bandara SAMS pada Senin (13/07) pagi, memastikan pihaknya sudah melakukan persiapan matang jauh-jauh hari untuk antisipasi lonjakan penumpang. Ia juga menekankan berdasarkan prinsip internasional pesawat yang beroperasi mengangkut penumpang sudah dicek kelayakannya.

“Saya berprinsip internasional regulation pesawat yang beroperasi adalah pesawat yang layak. Saya pikir orang ingin selamat dan keamanan harapan kita semua,” tutup Saptandri. (Imy)

Beri Komentar

Hak Cipta © 2014 IDCFM.net Dilindungi Undang-undang. Radio IDCFM
IKLAN MELAYANG
close
Banner iklan disini